V
|
lookup dan Hlookup merupakan bagian dari fungsi Lookup dalam
Microsoft Excel. Lookup digunakan untuk mencari nilai pada baris atau kolom tertentu.
Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan
awalan huruf V yang merupakan singkatan dari vertikal/tegak Lurus. Sedangkan
Hlookup yang berawal Huruf H digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk baris
/horizontal.
Salah satu kegunaan dari fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP ini,
yaitu memudahkan kita dalam membuat daftar gaji para karyawan sebuah
perusahaan,
a. Untuk penulisan fungsi VLOOKUP, Formula bakunya adalah:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array, col_index_num,[range_lookup])
Atau bisa juga dibaca seperti ini:
=VLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_kolom,tipe_data)
b. Penulisan fungsi HLOOKUP
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,
row_index_num,[range_lookup])
Atau bisa juga dibaca seperti ini:
=HLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_baris, tipe_data)
Ini adalah salah satu contoh dari kegunaan fungsi Vlookup & Hlookup.
Untuk penjelasan yang lebih lanjut, silakan klik link dan simak video berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar